LIPI Temukan Beragam Hewan & Mikroba Unik

posted in: Uncategorized | 0
mikroba
Beragam hewan dan mikroba hasil temuan Tim Eksplorasi Bioresources Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (lipi.go.id)

JAKARTA (HN) – Tim Eksplorasi Bioresources Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang tergabung dalam Ekspedisi Widya Nusantara (E-WIN) 2016 telah memulai penjelajahan Gunung Gandang Dewata, Sulawesi Barat pada 17 April 2016 lalu.

Dari hasil penjelajahan yang telah dilakukan hingga Rabu (27/4), tim berhasil menemukan beragam hewan dan mikroba unik dari gunung tersebut.

Pada ketinggian 2.000 m dpl tim menemukan satu jenis tumbuhan yang memiliki bunga bewarna hijau yang tidak lazim untuk famili tumbuhan Zingiberaceae. “Ada kemungkinan tumbuhan tersebut jenis baru dan akan diteliti lebih lanjut di laboratorium,” ujarnya.
Begitu juga dengan tumbuhan paku. Tim Eksplorasi menemukan ratusan jenis spesimen paku-pakuan untuk dikoleksi. Anggota tim eksplorasi dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI juga telah berhasil mengoleksi jenis-jenis anggrek endemik yang nantinya dikonservasi di Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bogor.
Tidak hanya tumbuhan, banyak moluska, lebah, dan serangga lainnya yang unik juga ditemukan dan dikoleksi oleh Tim Zoologi dari kawasan Gandang Dewata.
“Kemungkinan salah satu jenis tikus yang berhasil ditemukan di air terjun Tetean adalah new record untuk kawasan Sulawesi Barat,” kata Anang.

Sebanyak 50 orang tim eksplorasi dan masyarakat lokal setempat tergabung dalam Tim Eksplorasi Bioresources LIPI 2016. Mereka menempuh perjalanan hingga ketinggian 1.600 m dpl untuk membuat tempat berkemah dan memulai eksplorasi.

Reportase : Herman Sina
Editor : Herman Sina

Leave a Reply