LIPI Temukan Banyak Jenis Tumbuhan, Hewan dan Mikroba Unik di Gunung Gandang Dewata

posted in: Sulawesi Barat | 0
pungki
Foto . Kegiatan dan Bioresources yang ditemukan di sekitar kawasan air terjun Papa Daud.

Pada tanggal 17 April 2016 Tim Eksplorasi Bioresources LIPI 2016 yang dikoordinasikan oleh Koordinator lapangan Dr. Anang Setiawan Ahmadi mulai melakukan penjelajahan kawasan gunung Gandang Dewata di Sulawesi Barat.

Pada hari pertama penjelajahan, sebanyak 50 orang Tim eksplorasi dan masyarakat lokal beranjak naik ke daerah dengan ketinggian 1600 m dpl untuk membuat base camp. Perjalanan menuju base camp tersebut membutuhkan waktu 4.5 jam, dan hari itu juga Tim langsung mendirikan tenda, dapur dan segala macam kebutuhan lainnya.

Pada hari selanjutnya berada di Gunung Gandang Dewata, sebagian tim melakukan eksplorasi di kawasan air terjun Papa Daud. Namun ditemukan hal yang cukup mencengangkan di kawasan ini. Ada pepatah mengatakan “lain lubuk lain ikannya”, namun dikawasan sungai dan air terjun Papa Daud tidak ditemukan satu ekorpun ikan. Fenomena ini mungkin terkait dengan letak air terjun dan sungai yang terlalu tinggi (1600 m dpl) yang tidak memungkinkan ikan hidup dan berkembang biak di sana. Atau ada faktor lain yang menjadi penyebab fenomena tersebut, dan hal ini akan dianalisis lebih lanjut oleh Tim Eksplorasi

Anggota tim dari Bidang Botani menuturkan bahwa di kawasan ini banyak ditemukan jenis-jenis tumbuhan dari famili Zingiberaceae atau temu-temuan yang unik. Bahkan pada ketinggian 2000 m dpl ditemukan satu jenis temu-temuan yang memiliki bunga bewarna hijau, dan ini tidak lazim untuk famili tumbuhan tersebut. Ada kemungkinan tumbuhan tersebut jenis baru, dan akan diteliti lebih lanjut di laboratorium. Begitu juga dengan tumbuhan paku, ratusan jenis spesimen paku-pakuan berhasil dikoleksi dari kawasan ini, dan beberapa diantaranya diharapkan ada jenis baru ataupun rekaman baru. Anggota tim eksplorasi dari Kebun Raya juga telah berhasil mengkoleksi jenis-jenis angrek endemik untuk nantinya dikonservasi di Kebun Raya Bali ataupun Kebun Raya Bogor.

Tidak hanya tumbuhan, banyak Moluska, lebah dan serangga lainnya yang unik berhasil ditemukan dan dikoleksi oleh tim Zoologi dari kawasan ini. Kemungkinan salah satu jenis tikus yang berhasil ditemukan di air terjun “Tetean” adalah new record untuk kawasan Sulawesi Barat tutur Anang.

Pungki

Tim Eksplorasi Bioresources LIPI 2016

Leave a Reply