Besok, 35 Peneliti LIPI Mulai Eksplorasi Kekayaan Hayati Pegunungan Gandang Dewata

posted in: Sulawesi Barat | 0

gadang dewataMAKASSAR – Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) bakal melakukan ekspedisi penelitian berjuluk Widya Nusantara dan Bioresources di pegunungan Gandang Dewata, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Ekspedisi digelar mulai 15 April – 4 Mei 2016.

“Besok pemberangkatan (tim) dari Jakarta, kemudian dari Makassar dan langsung menuju Mamasa,” kata Sekretaris Divisi Bidang Anfibi dan Reptil, Prof Amir Hamidy kepada Makassar Terkini Online, Rabu 13 April 2016.

Prof Amir mengatakan, ekspedisi penelitian di gunung Gandang Dewata ini akan melibatkan 35 peneliti dengan empat cakupan penelitian, yakni biologi, bioteknolgi, biomaterial dan kebun raya. “Tujuannya untuk mendata seluruh potensi keanekaragaman hayati yang ada di Mamasa, khususnya di pegunungan Gandang Dewata, ”

Aspek penting dari penelitian itu, kata dia, karena Sulawesi termasuk dalam kawasan Wallacea, yang mana di kawasan itu terciptanya teori evolusi. Jadi hewan dan tumbuhan yang berada di Asia dan Australia itu bercampur di kawasan Sulawesi atau Wallacea.

Pengunung Gandang Dewata mewakili tipe ekosistem dataran tinggi di Sulawesi, sebagai provinsi baru maka dalam pembangunannya harus didukung oleh data potensi yang tidak hanya keanekaragaman sumber daya alam, tapi juga sumber daya alam hayati. “Sehingga dalam pengelolaan kawasan atau dalam pembangunan akan lebih terarah, ” kata Prof Amir.

Saat ini, kata dia, sudah ada enam orang tim Advance yang berada di lokasi, termasuk penemu spesies tikus jenis baru.

Herman Kambuna

Sumber : MAKASAR TERKINI

Leave a Reply