Kaimana Jangan Dibuka untuk Pariwisata

posted in: Lengguru | 0

Kaimana-2

Kaimana – Papua Barat menyimpan keanekaragaman unik, sehingga menjadi rumah bagi spesies endemik. Namun, diharapkan Kaimana tidak dibuka menjadi kawasan pariwisata.
Hal tersebut diungkapkan Peneliti ahli Mamalia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Gono Semiadi, Ph.D. yang juga Ketua Tim Ekspedisi Lengguru 2014 berpendapat, apabila kawasan Kaimana lebih baik untuk penelitian.

“Walaupun indah, tetapi lebih baik untuk penelitian, karena takut merusak habitat aslinya. Misalnya, ketika dibuka untuk tourism, dikhawatirkan kurang dari lima tahun akan rusak,” tuturnya pada konferensi pers Ekspedisi Lengguru 2014: “Menyingkap Keanekaragaman Hayati Papua Barat” di Media Center LIPI, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Gono mengungkapkan, kalaupun ingin dibuka kawasan pariwisata maka bisa diberikan alternatif lainnya. Menurut Gono, pemerintah bisa membuka tourism di pulau sekitar Kaimana.

“Jadi, kalau pemerintah setempat menghendaki pembukaan sektor pariwisata baru, maka sebaiknya harus mengedepankan konsep go green di pulau lain di sekitarnya,” tutupnya. (Jr.)**

Artikel ini ditulis oleh Cepi Juniar – CikalNews.com : Sabtu, 29 November 2014 | 06:06:00 WIB

Leave a Reply