Nenek moyang 7 spesies baru di Gunung Tambora masih misterius

posted in: Tambora | 0
laba-laba
Laba-laba. © Bbc.co.uk/Thomas Shahan

Merdeka.com – Peneliti LIPI baru-baru ini menemukan enam spesies fauna dan satu flora baru di Taman Nasional Tambora. Namun penelitian selama 15 hari ini, belum mampu menguak misteri munculnya habitat mereka selepas meletusnya Gunung Tambora 200 tahun lalu.

“Setelah meletus bagaimana mereka mengkolonisasi ini, khususnya bagi kelas laba-laba, kemungkinan menginvasi kecil sekali. Kemungkinan evolusi tapi bagaimana mereka bertahan di pasir yang tebalnya sampai 10 meter?” tanya Puslit Biologi LIPI Cahyo Ramadi di LIPI, Jakarta, Selasa (12/5).

Prediksi serupa juga diungkapkan peneliti amfibi dan Reptil Awal Riyanto. Dia sepakat kemungkinan besar spesies baru muncul pasca-Gunung Tambora meletus.

“Saya belum tahu, kita belum tahu nenek moyangnya kemungkinan hasil evolusi,” tukas dia.

Namun belajar dari fenomena letusan di Merapi, ahli mikrobiologi LIPI Hedijuliostono mengatakan besar kemungkinan awal kehidupan muncul dari mikroba.

“Merapi pascaletusan sudah tumbuh mikroba 3 minggu. Pasti ada pioneer,” ungkapnya.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan spesies baru di gunung Tambora. Penelitian itu buah dari ekspedisi NKRI yang berlangsung pada 16 sampai 30 April melibatkan Kopasus, peneliti LIPI, BKSDA, masyarakat dan mahasiswa.

“Sedikitnya ada enam spesies baru terdiri dari dua spesies cicak, dua spesies kupu-kupu malam, dan dua spesies kalacemeti, serta opilioneses,” kata Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Cahyo Ramadi di LIPI, Jakarta, Selasa (12/5).

Di ranah flora, peneliti LIPI juga menemukan satu jenis flora baru dari suku Gesneriaceae dari sub famili Epithemateae, yaitu marga Monophylleae.

“Jenis ini hanya mempunyai satu daun saja. Biasanya jenis yang lain tangkai panjang dan dan daun panjang sementara di Tambora helai daun kecil, panjang 4 sampai 7 cm dan lebar sampai 3 sampai 5 cm,” ucap peneliti flora Arif Hidayat.

Sumber : MERDEKA

Leave a Reply