LIPI Temukan Enam Spesies Baru di Tambora

posted in: Tambora | 0

6 spesies

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui eksplorasi Tambora, menemukan 6 spesies baru yang terdiri dari 2 spesies cicak, 2 spesies kupu-kupu malam, dan 2 spesies kalacemeti serta opiliones. Bahkan, beberapa spesies merupakan endemik NTB dan sisanya adalah spesies yang sebarannya sangat terbatas. ”Ini adalah kandidat spesies baru, masih harus dilakukan kajian perbandingan morfologi lebih dalam,” ujar Peneliti Puslit Biologi LIPI Cahyo Rahmadi di Jakarta, Selasa (12/5).

Ia mengatakan Tambora dipilih sebagai wilayah eksplorasi karena merupakan salah satu wilayah yang belum terungkap potensinya. Terletak di ketinggian 2.851 mdpl, masuk ke wilayah kabupaten Dompu dan Bima, NTB.
Eksplorasi pun dilakukan bersamaan dengan peringatan 200 tahun letusan Tambora. Tim yang bekerja terdiri atas 48 orang masing-masing yakni peneliti LIPI, tim ekspedisi NKRI TNI, petugas konservasi wilayah III Dompu, serta masyarakat setempat.

Peneliti konsentrasi Serangga dari LIPI Hari Sutrisno menyampaikan untuk menentukan apakah spesies tersebut benar-benar baru, dilakukan tahapan-tahapan yang panjang.  ”Kami harus melihat catatan flora dan fauna dari seluruh dunia dan melihat studi yang telah dilakukan sebelumnya,” ujarnya.

Selama proses ekspedisi, lanjutnya, tim yang melalui jalur pendakian Kawinda Toi, sisi utara gunung Tambora itu juga menemukan ratusan spesies lain. Terdiri atas 46 spesies burung, 21 reptil, 10 mamalia, 10 kerabat kalajengking, 230 kupu-kupu malam, 27 tawon, serta 22 spesies flora. ”Jumlah spesies ini bisa saja bertambah setelah dikaji lebih mendalam pada setiap koleksinya,” ujar Cahyo. (Pro/H-2).

Sumber :

MEDIA INDONESIA

Berita Terkait :

- 6 Spesies Baru Ditemukan Di Gunung Tambora

- Spesies Baru dari Gunung Tambora

- Ditemukan Enam Hewan Spesies Baru di Gunung Tambora

- LIPI Temukan Enam Spesies Baru di Tambora

- LIPI Temukan 6 Spesies Fauna & 1 Flora Baru Di Tambora

- LIPI Temukan 6 Spesies Baru

Leave a Reply