EKSPEDISI NKRI DAN LIPI DALAM MENGUNGKAP POTENSI BIORESOURCES

posted in: Tambora | 0
cahyo
Cahyo Rahmadi (Peneliti Biologi – LIPI)

(Humas P2B) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar jumpa pers hasil  Ekspedisi Gunung Tambora 2015, di Media Center LIPI, Jakarta, Selasa (12/5). Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama LIPI dan Ekspedisi NKRI subkorwil-4 Bima ini telah berhasil menggapai puncak Gunung Tambora sekaligus mengeksplorasi kekayaan dan potensi hayati di Gunung Tambora.

Kepala Bagian Operasional Ekspedisi NKRI 2015 Letkol Inf Yuri Elias Mamahi di Gedung Sasana Widya Sarwono LIPI Jakarta menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara 2015 yang dilakukan oleh Kopassus TNI-AD, terutama dalam bidang penelitian flora dan fauna yang bekerjasama dengan Peneliti, dimana LIPI sebagai lembaga yang menjadi acuan nasional dalam pengelolaan keanekaragaman hayati di Indonesia. Tujuan kegiatan ini untuk melindungi dan melestarikan potensi keanekaragaman hayati yang ada diwilayah itu dan bermanfaat untuk PEMDA setempat, tegasnya.

Dr. Cahyo Rahmadi selaku Ketua Tim LIPI dalam ekspedisi ini, memaparkan tim eksplorasi yang terbagi menjadi 4 meliputi; tim eksplorasi flora, tim ekologi flora, tim fauna dan tim mikroba telah berhasil mengkoleksi dan mendata informasi kekayaan dan potensi hayati yang ada di Tambora. Gambar ini menunjukan jumlah spesies fauna yang berhasil dicatat oleh Tim LIPI bersama Tim Ekspedisi NKRI di Gunung Tambora.

Cahyo-2Temuan yang paling menarik adalah beberapa spesies yang diyakini merupakan spesies baru, khususnya dari kelompok fauna, dan pertama kali ditemukan di Gunung Tambora. “Sedikitnya ada enam spesies baru terdiri dari dua spesies cicak (reptil), dua spesies kupu-kupu malam dan dua spesies kalacemeti, dan opiliones,”. Temuan ini akan memberikan kontribusi pada pengetahuan keanekaragaman hayati di Indonesia, khususnya Gunung Tambora, lanjutnya.

Selain itu tim flora juga menemukan tumbuhan berdaun satu yang menjadi kandidat spesies flora baru hasil ekspedisi di Gunung Tambora tersebut. Perwakilan dari masing-masing Tim flora, tim ekologi flora, tim fauna dan tim mikroba memaparkan hasil eksplorasinya yang diakhiri dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Bapak Isrard, Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas (BKHH).

Ekspedisi NKRI di Gunung Tambora NTB selain menggali potensi yang meliputi flora, fauna, dan mikroba serta kekayaan alam yang belum diberdayakan juga menjadi data dasar keanekaragaman hayati sehingga hasil penelitiannya dapat disebarluaskan kepada masyarakat.

Editor : Sri Handayani (Humas P2 Biologi – LIPI)

Leave a Reply