Sempat Dipenuhi Sampah, LIPI Sesalkan Perayaan Letusan Tambora

posted in: Tambora | 0
GUNUNG
Gunung Tambora (Budiono Mangunsaponco)

Jakarta, GATRAnews – Beberapa waktu lalu digelar peringatan 200 tahun letusan Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB) secara besar-besaran. Namun sayangnya, lokasi pusat perhelatan Doro Ncanga dipenuhi oleh sampah hingga beberapa minggu setelah perayaan itu selesai.

Peneliti dari Pusat Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengerahuan Indonesia (LIPI) Cahyo Rahmadi mengatakan, ‚Äékondisi Doro Ncanga dipenuhi sampah plastik dan sterofoam. Saat itu 48 peneliti dari LIPI dan Ekspedisi NKRI sedang melakukan ekspedisi mengeksplorasi kekayaan Tambora.

“Banyak sampah berserakan, itu seminggu lebih sesudah acara Tambora Menyapa Dunia. Padahal itu savana yang sangat luas tapi banyak sampah,” ujar Cahyo di Gedung LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (12/5) siang.

Cahyo menyesalkan acara 200 tahun peringatan Tambora menghasilkan sampah di lokasi Doro Ncanga. Lokasi itu menjadi tempat ternak sapi penduduk di Kabupaten Bima, NTB.

“Acaranya bagus, tapi tidak diimbangi dengan kesadaran membersihkan dari sampah. Itu sangat kita sesalkan,” tukas Cahyo.

Diberitakan sebelumnya 48 peneiliti dari LIPI dan Ekspedisi NKRI berada di Gunung Tambora selama 15 hari untuk melakukan penelitian hayati. Hasilnya enam spesies baru ditemukan dari gunung dengan ketinggian 2.851 mdpl tersebut.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Sumber : GATRA

Leave a Reply