LIPI Kunjungi Pulau Enggano dan Gunung Tambora

posted in: Enggano, Tambora | 0

indopos.co.id – Kepulauan Indonesia masih banyak memiliki potensi besar yang belum terungkap, baik dalam sumber daya alam hayati, keunikan budaya maupun  potensi kelautannya. Pulau Enggano yang terletak di Provinsi Bengkulu dipilih sebagai destinasi ekspedisi karena pulau ini merupakan pulau samudera (Oceanic Island), yang tidak pernah bergabung dengan pulau Sumatera sepanjang sejarah geologinya.

Menurut Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain yang menjabat sebagai Kepala LIPI mengatakan bahwa Pulau Enggano memiliki tingkat endemisitas flora dan fauna yang tinggi dan memiliki nilai penting dilihat dari aspek geologi, ekologi, dan evolusi.

Sementara itu Prof. Dr. Enny Sudarmonowati selaku Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI ikut mengatakan bahwa  sumber daya alam hayati (bioresources) yang terdapat di Pulau Enggano belum banyak diketahui. Oleh karena itu Pengumpulan data tentang keanekaragaman hayati Pulau Enggano sangat penting dan harus segera dilakukan sebagai langkah awal dan landasan yang kuat bagi langkah berikutnya, yaitu pemanfaatan bioresources untuk kepentingan ekonomi bangsa atau bioprospecting.

Selain Ekspedisi Enggano, LIPI juga akan berpartisipasi dalam Ekspedisi Gunung Tambora 2015 sebagai bagian dari kegiatan Ekspedisi NKRI yang di komandani oleh KOPASSUS TNI AD. Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa telah menorehkan sejarah dalam peradaban manusia 200 tahun yang lalu. Letusan maha dahsyat gunung berketinggian  2800 meter di atas permukaan air laut ini menyebabkan tahun tanpa musim panas di daratan Eropa.

Ekspedisi NKRI ini diharapkan dapat memberikan gambaran potensi hayati di Gunung Tambora dan memperoleh temuan-temuan baru yang penting untuk ilmu pengetahuan seperti spesies baru maupun bahan aktif. Sungguh banyak bukan, kekayaan alam indonesia yang masih tersebunyi dan harus di lindungi dan di lestarikan sebagai sumber daya alam yang menjadi ikon indonesia.(fer)

Leave a Reply