Peneliti Yakin Akan Temukan Spesies Ikan Air Tawar Baru

posted in: Enggano | 1
ikan
Ilustrasi: Penelitian yang dilakukan Wildlife Conservation Veterinarian menangkap sejumlah jenis ikan untuk diteliti/BLOGSPOT/Erni Suyanti

Peneliti spesialis ikan air tawar LIPI Reny Kurnia Hadiaty mengatakan potensi untuk menemukan spesies ikan air tawar baru dalam Ekspedisi Enggano cukup besar.

“Penelitian belum banyak dilakukan (di Pulau Enggano) jadi kemungkinan menemukan spesies baru cukup besar, karena belum ada spesimen dari sana,” kata Renny kepada Antara di Enggano, Bengkulu, Senin.

Kemungkinan penemuan spesies baru, menurut dia, semakin besar mengingat Pulau terluar di Indonesia itu tidak pernah bersatu dengan Pulau Sumatera. Sehingga kemungkinan besar banyak ikan-ikan endemik yang tidak dimiliki daerah lain teridentifikasi. “Ikan genus gobi dan electric yang biasanya hidup di hulu sungai, berair jernih dan berair deras mungkin akan didapat di ekspedisi kali ini,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah peneliti dari LIPI melakukan Ekspedisi Enggano. Pada hari ke-1 ekspedisi tim melakukan survei di beberapa lokasi termasuk di bendungan daerah Desa Meok. Sejumlah sampel seperti mollusca, udang, dan kepiting sempat di bawa untuk diteliti. (ANTARA)

Sumber : GEOTIMES

One Response

  1. Indonesia, semoga terus menjadi negara dengan keragaman hayati terbesar dunia. sudah kewajiban anak bangsa untuk menjaganya :)

Leave a Reply