Tim Ekspedisi Mulai Eksplorasi Barat Laut Enggano

posted in: Enggano | 0

Para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang tergabung dalam tim Ekspedisi Enggano mulai mengeksplorasi bagian Barat Laut pulau terluar Enggano, Bengkulu.

‘Hari ini (Minggu, 19/4), tim (peneliti zoologi, botani, mikrobiologi, biomaterial, kebun raya, biotek) semua bergerak ke arah Banjarsari untuk melakukan ‘overview’,’ kata koordinator lapangan Ekspedisi Enggano LIPI Oscar Efendy di Enggano, Bengkulu, Minggu.

Namun demikian, ia mengatakan pada kegiatan tim pada hari ke-1 ekspedisi sebagian sudah ada yang langsung mengambil sampel.

Peneliti mikrobiologi pada Pusat Penelitian (Puslit) Biologi LIPI Rini Reffiani mengatakan sudah mengambil empat sampel dari eksplorasi di daerah antara Desa Malakoni sampai Desa Banjarsari.

Menurut dia, tipe vegetasi di wilayah yang mengarah ke barat laut Pulau Enggano cukup beragam. Meskipun pada daerah yang mayoritas transmigran tersebut lebih banyak spesies tumbuhan invasif yang bukan asli alam Enggano.

‘Tapi untuk mikrobiologi itu tetap bisa jadi potensi,’ ujar dia.

Peneliti spesialis ikan air tawar LIPI Reny Kurnia HMpadiaty alam di daerah aliran sungai sekitar bendungan di Desa Meo yang juga berada di barat laut Pulau Enggano masih cukup baik.

‘Menurut masyarakat sekitar belum ada aktivitas yangmenggunakan racun. Kondisi alamnya masih bagus, ada kebun masyarakat tapi kondisi sungainya masih baik,’ ujar dia.

Beberapa sampel seperti mollusca, udang, dan kepiting, menurut dia, sempat diambil oleh tim.

Sedangkan dari tim peneliti spesialis burung LIPI Hidayat Ashari mengatakan telah melakukan survei lokasi pemasangan mis net untuk menangkap burung di daerah Desa Banjarsari.(ant/rd)

Sumber : CIPUTRANEWS

Leave a Reply