Ini biaya ekspedisi LIPI ke Pulau Enggano dan Gunung Tambora

posted in: Enggano, Tambora | 0
Biaya
Gunung Tambora. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com – Tahun ini, LIPI kembali mencoba menelusuri potensi Indonesia yang belum terkuak dengan melakukan ekspedisi ke Pulau Enggano dan Gunung Tambora.

Menurut Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain, perjalanan ekspedisi ini akan menguak potensi sumber daya hayati, keunikan budaya, potensi kelautannya, dan sosial di sana. Tim Eksplorasi Enggano diiisi 50 orang terdiri dari 46 orang peneliti kebumian dan empat orang dokumentasi.

Sedangkan untuk Gunung Tambora, LIPI bekerjasama dan berpartisipasi sebagai bagian dari kegiatan NKRI yang diprakarsai oleh Kopassus TNI AD. Tim ini diisi oleh 16 orang, terdiri dari tujuh peneliti fauna, tujuh peneliti flora, dan dua peneliti mikroba. Tim ini akan menyisir Gunung Tambora selama 11 hari.

Dikatakannya, penjelajahan ini akan merogoh kocek total sekitar Rp 800 juta. “Untuk Tim Ekspedisi NKRI Nusa Tenggara akan menganggarkan dana sekitar Rp 300 juta. Sementara, tim ekspedisi Enggano akan menjelajah Pulau Enggano selama 20 hari dengan menelan biaya sekitar Rp 500-700 juta,” jelasnya.

Dipilihnya kedua tempat itu, karena memiliki keunikan tersendiri, sehingga perlu untuk diteliti lebih dalam. “Misalnya, Pulau Enggano ini berada di Provinsi Bengkulu. Meski di wilayah Sumatera, Enggano ini tidak pernah bergabung dengan Sumatera sepanjang sejarah geologinya. Enggano tingkat endemisitas flora dan fauna yang tinggi dan memiliki nilai penting dilihat dari aspek geologi, ekologi, dan evolusi,” ujar Iskandar.

Sumber : Merdeka

Leave a Reply