Pembekalan & Persiapan Ekspedisi Enggano 2015

posted in: Enggano | 0
E-6
Bapak Witjaksono (Kepala Pusat Penelitian Biologi)

Kepala Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Bogor telah mengundang sejumlah Pejabat beserta team Ekspedisi Keanekaragaman Hayati Enggano NKRI 2015, diantaranya adalah Kepala Pusat Biomaterial, Kepala PKT Kebun Raya Bogor, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi, Prof. Dr. Eko Baroto Waluyo, Prof. Dr. Elizabeth A. Widjaja, Prof. Dr. Ibnu Maryanto, Prof. Dr. Gono Semiadi, Prof. Dr. Yayuk R. Suhardjono, Ir. Ahmad Jauhar Arief, M.Sc., Kepala Bidang Zoologi, Botani, Mikrobiologi, Drs. Nasrun Sasmita, MM., Ketua team Ekspedisi Enggani (Amir Hamidi), Ketua Tiem Ekspedisi NKRI (Cahyo Rahmadi) dan seluruh anggota team Ekspedisi NKRI.

Pertemuan dilaksanakan di ruang Rapat Gdg. Botani Mikro, Pusat penelitian Biologi, pada hari Selasa, Tgl. 14 April 2015. Inti dari pertemuan tersebut tidak lain dimaksudkan supaya seluruh tiem Ekspedisi mendapatkan pembekalan dari Kepala Pusat Penelitian Biologi, juga dari para Peneliti Senior.

Kepala Pusat Penelitian Biologi, Bapak Witjaksono menyampaikan beberapa pesannya, diantaranya agar di dalam team yang cukup besar ini (yang berjumlah 46 orang) yang terdisi dari berbagai Satker dan dari berbagai bidang penelitian, dapat saling bekerja sama dan saling bantu-membantu di dalam melaksanakan tugas di lapangan, juga ditanyakan berbagai masalah kesiapan team di lapangan, baik akomodasi dan perlengkapan serta penyediaan tenda dan konsumsi serta obat-obatan dan juga asuransi selama di lapangan.

E-5
Bapak Amir Hamidi (Ketua Team Ekpedisi Enggano)
E-3
Bapak Cahyo Rahmadi (Ketua Team Ekspedisi NKRI) dan Beberapa Staf Peneliti

Bapak Amir Hamidi dan Bapak Cahyo Rahmadi, selaku ketua Ekspedisi telah memberikan jawaban dari semua pertanyaan yang diajukan oleh Bapak Witjaksono, bahwa kesiapan team serta perlengkapan telah disiapkan dan telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak yang terkait, baik tiket pesawat maupun dengan penduduk setempat, semuanya sudah dapat diatasi (hanya ada satu atau dua persiapan yang memang akan diselesaikan di lapangan).

E-4
Bapak Arie Kiem (Peneliti Botani)

Dalam pertemuan tersebut juga diusulkan oleh Bapak Arie Kiem, bahwa sebaiknya team di pekan pertama sebaiknya jangan berpencar (agar bisa bersatu di satu tempat), hal ini agar diatara peserta ekspedisi bisa saling koordinasi untuk kesiapan pekan berikutnya.

Beberapa Peneliti senior seperti ibu Elizabeth juga memberikan masukan-masukannya, yang pada intinya agar masing-masing peneliti dapat melakukan surveinya sesuai dengan bidangnya masing-masing dan bebas untuk menentukan lokasinya yang memang dianggap tepat sasarannya.

E-7
Perbekalan yang akan diberangkatkan

Disaat yang sama sebagian team sedang mempersiapkan perbekalannya di gedung Zoologi, karena pada hari itu juga harus segera diberangkatkan, perbekalan serta peralatan telah dikemas dan siap dinaikkan ke dalam truk yang sudah siap mengangkut dan membawa barang-barang yang akan digunakan di lapangan.

E-1
Team Ekspedisi yang sudah siap berangkat dan truk pengankut barang

Leave a Reply